IMPLEMENTASI METODE EXPONENTIALSMOOTHING PADA SISTEM INFORMASI PENJUALAN SEMEN TONASA PADA TOKO SURYA MAS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Selvi Couwandy
Sudirman
Arfan Yunus
Fitriana M. Sabir

Abstract

Penjualan Toko Surya Mas dapat dikatakan berfluktuasi. Salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu kekurangan pasokan semen diwaktu-waktu tertentu, misalkan dimusim hujan. Dengan tingkat penjualan yang berfluktuasi mengakibatkan pengontrolan stok semen yang tidak menentu dimana semen dapat melebihi tingkat penjualan sehingga mengakibatkan banyak stok semen yang mengalami kerusakan. Selain itu, tingkat penjualan yang tinggi dan stok semen yang kurang mengakibatkan tingkat penjualan semen menurun. Untuk itu diperlukan peramalan tingkat penjualan pada bulan berikutnya. Untuk melakukan peramalan dapat dengan berbagai metode tergantung dari data yang akan diramal dan tujuan yang ingin dicapai. Pada penelitian ini metode peramalan yang digunakan adalah metode exponential smoothing dimana metode exponential smoothing adalah metode peramalan kuantitatif-time series dimana perhitungannya dilakukan dengan menggunakan data history sebelumnya.


Untuk mengembangkan sistem menggunakan metode Exponential Smoothing menggunakan bahasa pemograman Visual Studio 2013 dan MySQL sebagai databasenya serta menggunakan pengujian blackbox. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode exponential smoothing dapat diimplementasikan ke dalam aplikasi peramalan penjualan semen.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Couwandy, S., Sudirman, Yunus, A., & M. Sabir, F. (2021). IMPLEMENTASI METODE EXPONENTIALSMOOTHING PADA SISTEM INFORMASI PENJUALAN SEMEN TONASA PADA TOKO SURYA MAS. JTRISTE, 8(1), 29~40. Retrieved from https://jurnal.kharisma.ac.id/jtriste/article/view/165