APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR)
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Jurnal ini mengulas tentang Aplikasi Media Pembelajaran IPA berbasis Augmented Reality (AR) Untuk Peserta Didik Kelas VII MTs Guppi Bontomanai Kab. Bulukumba. Penelitian ini bertujuan bagaimana merancang, mengiplementasikan Aplikasi Media Pembelajaran IPA berbasis Augmented Reality (AR) Untuk Peserta Didik Kelas VII MTs Guppi Bontomanai Kab. Bulukumba, dan mengetahui tingkat peahaman konsep peserta didik setelah aplikasi ini digunakan. Penelitian ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari 6 tahap yaitu konsep (concept), desain (design), pengumpulan materi (material collecting), pembuatan (assembly), pengujian (testing) dan distribusi (distribution). Hasil penelitian pada tahap perancangan input yaitu Unified Modeling Language (UML) yakni, Use Case Diagram. Activity Diagram, Sequence Diagram dan Statechart Diagram dan perancangan output menggunakan software Unity dengan plug in Vuforiah SDK, perancangan Marker diCorel Draw X5 dan Pembuatan Objek 3D untuk planet disoftware Unity. Aplikasi Media Pembelajaran IPA Berbasis Augmented Reality diimplementasikan untuk peserta didik kelas VII MTs Guppi Bontomanai Kab Bulukumba, yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran baru yang berbeda dari sebelumnya. Aplikasi ini diserahkan kepada guru mata pelajaran IPA dalam bentuk Flashdisk beserta buku marker yang dapat disorot ketika memulai aplikasi pembelajaran. Tingkat Pemahaman konsep peserta didik setelah adanya aplikasi ini meningkat, hal ini dapat dilihat dari hasil tes dengan rata-rata 74.5 yang masuk dalam kategori Pemahaman “Tinggi” dibandingkan media pembelajaran yang digunakan sebelumnya dengan rata-rata 51.5 yang masuk dalam kategori pemahaman “Sedang”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peserta didik lebih banyak menjawab soal dengan benar setelah menggunakan aplikasi dibanding sebelum menggunakan aplikasi atau dengan menggunakan media pembelajaran sebelumnya.