E-Government Data Profil dan Monografi Kelurahan Dadi Mulya Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Edy Budiman

Abstract

Pendayagunaan data profil desa dimanfaatkan untuk mengetahui karakteristik potensi sumber daya, perkembangan segala sektor pembangunan, serta permasalahan pembangunan di setiap desa dan kelurahan, menjadi pedoman dalam penentuan arah pengembangan desa dan kelurahan sesuai dengan tipologi potensi dan perkembangan masyarakat.


Kebijakan pemerintah dalam upaya mengawasi pemerataan pembangunan sejak diberlakukan Otonomi daerah melalui  Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 13. Tahun 2012 tentang monografi desa/kelurahan dan Permendagri No.12 Tahun 2007 tentang pedoman penyusunan dan pendayagunaan data profil desa dan kelurahan. Bahwa dalam rangka mengetahui gambaran potensi dan tingkat perkembangan desa yang akurat, komprehensif dan integral, perlu disusun data profil desa dan kelurahan.


   Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau dikenal E-Government dalam pengolahan data profil dan monografi desa/kelurahan di pemerintah daerah saat ini dalam tata kerja pengelolaan manajemen data diupayakan melaksanakan proses transformasi menuju daerah Kelurahan Berbasis IT dan diarahkan mengembangkan budaya informasi kearah terwujudnya masyarakat informasi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Budiman, E. (2019). E-Government Data Profil dan Monografi Kelurahan Dadi Mulya Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda. JTRISTE, 3(1), 49-58. Retrieved from https://jurnal.kharisma.ac.id/jtriste/article/view/40