ANALISIS USABILITY APLIKASI OYO BERDASARKAN NIELSEN MODEL

Main Article Content

Andi Ishak Mangerangi
Afifah
Sudirman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kegunaan (usability) dari aplikasi OYO menggunakan model Nielsen, yang terdiri dari lima parameter: kemudahan belajar (Learnability), kecepatan (Efficiency), daya ingat (Memorability), kesalahan (Errors), dan kepuasan (Satisfaction). Aplikasi OYO, yang menawarkan berbagai fitur untuk memudahkan pengguna dalam mencari hotel, telah diadopsi oleh banyak pengguna di Indonesia sejak diluncurkan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui kuesioner yang disebarkan kepada pengguna aplikasi ini mengukur pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel Efficiency dan Satisfaction memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat kegunaan, Namun, variabel Learnability, Memorability, dan Errors tidak memiliki pengaruh yang signifikan. tetapi, secara simultan, kelima variabel tersebut mempengaruhi tingkat kegunaan aplikasi OYO.

Article Details

How to Cite
Mangerangi, A. I., Afifah, & Sudirman. (2025). ANALISIS USABILITY APLIKASI OYO BERDASARKAN NIELSEN MODEL. JTRISTE, 12(2), 16-27. https://doi.org/10.55645/jtriste.v12i2.621
Section
Articles

References

[1] A. Vallerin, “Analisis Kualitas Sistem Informasi Hotel Oyo Di Kota Batam Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Comasie, vol. 02, 2022.
[2] A. A. Wahid, “Analisis Usability pada Aplikasi MyTelkomsel Berdasarkan Nielsen Model,” J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, vol. XX, no. X, pp. 1–8, 2019.
[3] M. Cindy Pricilia, Sudirman, “ANALISIS USABILITY PADA APLIKASI JUST MEME BERDASARKAN MODEL NIELSEN,” https://jurnal.kharisma.ac.id/kharismatech, no. 02, pp. 184–198, 2022
[4] Y. Laven, “Evaluasi Usability Berdasarkan Nielsen Model Menggunakan Metode Usability Testing Pada Web Sistem Informasi Akademik UniversitasTanjungpura,” J. Tek. Ind. Univ. Tanjungpura, vol. 4, no. 2, pp. 72–79, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jtinUNTAN/article/view/42561
[5] K. M. Gunawan and M. F. Asnawi, “Usability Testing Pada Web Portal Kecamatan Leksono Menggunakan Nielsen Model,” Device, vol. 12, no. 1, pp.36–42, 2022, doi: 10.32699/device.v12i1.2798.
[6] Muchlisin Riadi, “Usability (Pengertian, Dimensi, Prinsip dan Pengukuran),” Kajianpustaka.com, 2021. https://www.kajianpustaka.com/2021/01/usability-pengertian-dimensi-prinsip.html (accessed May 16, 2024).
[7] Yusuf Abdhul Azis, “Skala Likert: Pengertian Menurut Ahli, Cara Menghitungdan Contoh,” deepublishstore.com, 2023. https://deepublishstore.com/blog/apa-itu- skala-likert/ (accessed May 16, 2024).
[8] F. Umar and K. Gianina Tileng, “Penerapan ISO/IEC 9126 Dan Nielsen ModelDalam Analisis Penggunaan Aplikasi Safari Pada IPHONE Generasi 10 Ke Atas,” JUISI, vol. 07, no. 01, 2021, [Online]. Available: https://www.apple.com/id/safari/.
[9] N. Wahyuni, “Uji Validitas dan Reliabilitas.” https://qmc.binus.ac.id/2014/11/01/u-j-i- v-a- l-i-d-i-t-a-s-d-a-n-u-j-i-r-e-l-i-a-b-i-l-i-t-a-s/ (accessed Jun. 14, 2024).
[10] N. Aldien Ramadhania and A. Fashanah Hadining, “Usability Testing Pada Website D’Bucket Karawang Menggunakan Nielsen Model,” J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 4, no. 1, 2021.
[11] F. Kasim, “Metodologi Penelitian Biomedis. Edisi 2,” Maranatha Repos. Syst.,pp. 221– 240, 2008.