Analisis Kepuasan Pengguna Di Kota Makassar Terhadap Kualitas Website MyLPGO Menggunakan Metode Webqual 4.0

Isi Artikel Utama

Devi Chungiarto
Moh. Sofyan S. Thayf
Husni Angriani

Abstrak

LPGO merupakan aplikasi belanja online gas elpiji di Kota Makassar tetapi informasi yang disediakan aplikasi kepada pengguna masih minim. Dengan di bentuknya website MyLPGO dapat membantu pengguna dalam mengenal aplikasi LPGO lebih baik. Website MyLPGO menyediakan informasi berupa mitra LPGO, kegunaan aplikasi, pusat bantuan, dan sebagainya. Namun, dikarenakan website MyLPGO masih dalam kategori baru dalam masyarakat sehingga perlu dilakukan penelitian untuk menganalisa kepuasan pengguna di Kota Makassar mengenai website yang telah disajikan. Dengan metode Webqual 4.0 yang dikembangkan oleh Stuart Barnes dan Richard Vidgen dapat digunakan untuk mengukur kepuasan pengguna dengan tiga variabel utama yang diteliti yaitu kualitas kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi. Berdasarkan hasil pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan total responden 83 orang dan pengujian data dengan regresi linear berganda menggunakan SPSS 25, didapatkan bahwa kualitas informasi dan kualitas interaksi berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna tetapi kualitas kegunaan tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna. Sehingga pihak pengembang perlu lebih memperhatikan tampilan website yang disajikan agar tampak lebih profesional dan aktivitas dalam website dapat lebih ditingkatkan. Penelitian ini berfokus kepada kualitas website MyLPGO yang dirasakan oleh pengguna dan hal apa saja yang perlu dipertimbangkan pengembang untuk meningkatkan kepuasan pengguna.

Rincian Artikel

Sitasi
Chungiarto, D., Moh. Sofyan S. Thayf, & Husni Angriani. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Di Kota Makassar Terhadap Kualitas Website MyLPGO Menggunakan Metode Webqual 4.0. KHARISMA Tech, 16(2), 59-69. https://doi.org/10.55645/kharismatech.v16i2.121
Bagian
Articles