Analisis Kepuasan Pengguna Pada Learning Management System Classes Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction
Isi Artikel Utama
Abstrak
Classes adalah sebuah layanan Learning Management System untuk membantu guru dalam menyampaikan materi dan melakukan pengawasan belajar kepada siswa. Penelitian dilakukan untuk mengetahui sebuah kualitas layanan dengan cara menganalisis kepuasan pengguna dalam menggunakan website classes. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode End User Computing Satisfaction (EUCS) metode ini digunakan untuk menganalisis kepuasan pengguna dengan membandingkan kenyataan dan harapan. Metode EUCS mengukur kepuasan pengguna berdasarkan 5 variabel yaitu content, accuracy, format, timeliness dan ease of use. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non probability sampling pemilihan dilakukan secara acak. Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil uji R diketahui determinasi 0.944 artinya X yang terdiri dari content, accuracy, format, ease of use dan timeliness secara simultan memberikan pengaruh terhadap Y sebesar 0,880 atau 88.0 %. Artinya dari 55 responden menghasilkan 48 responden merasa puas dengan website classes. Berdasarkan uji T ada 2 variabel yang tidak berpengaruh terhadap Y yaitu content dan format dan terdapat 3 variabel X yang berpengaruh terhadap Y. Pada variabel content dan format responden kurang merasa puas sedangkan pada accuracy, timeliness dan ease of use merasa puas dengan 3 variabel