ANALISIS USABILITY DAN PERBAIKAN ANTARMUKA APLIKASI SCLEAN MENGGUNAKAN METODE HUMAN CENTERED DESIGN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Aplikasi SCLEAN merupakan aplikasi layanan binatu online (laundry service) yang bertujuan untuk mempertemukan pemilik bisnis laundry dan pengguna jasa laundry, sehingga konsumen tidak kesulitan dalam mengantar atau mencari tempat laundry. Dalam upaya untuk memperkenalkan aplikasi SCLEAN di tengah masyarakat peneliti melakukan survei dan wawancara kepada beberapa calon pengguna dan didapatkan beberapa masalah pada interface aplikasi SCLEAN seperti : 1) Pada bagian akun tidak dapat dilakukan perubahan data pada bagian foto profil, nama, dan nomor telepon; (2) Tidak terdapat bagian penilaian yang dapat dilakukan oleh pelanggan kepada penyedia jasa laundry; (3) Tidak terdapat bantuan tentang aplikasi; (4) tidak terdapat nama menu ikon. Masalah yang telah ditemukan ini menjadi dasar dari penelitian melakukan analisis usability dengan menggunakan metode Human Centered Desain dan PSSUQ sebagai kuesioner penilaian tingkat kepuasan pengguna. Dari hasil evaluasi dibuatlah desain solusi berdasarkan permasalahan yang telah didapatkan. Hasil perbandingan menunjukkan adanya peningkatan dalam aspek efektivitas dari 80% menjadi 100%, aspek efisiensi rerata waktu pengerjaan dari 15,4 menjadi 14,38 detik, dan aspek kepuasan pengguna dari 72% menjadi 89,87%. Dari hasil ini peneliti menyimpulkan bahwa desain perbaikan telah menaikkan nilai user experience dibandingkan desain sebelumnya.