ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA PADA KUALITAS WEBSITE DIGITAL INVITATION17 MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Bambang Ardi Muliyanto.m
Marlina
Renny

Abstract

Digital Invitation merupakan aplikasi pemesanan undangan online berbasis website tetapi pengguna dan kualitas aplikasi masih minim. Dengan di bentuknya website digital invitation dapat membantu pengguna dalam mengenal aplikasi berbasis website lebih baik. Website digital invitation menyediakan informasi berupa desain undangan, pemesanan undangan dan pusat bantuan. Namun, dikarenakan aplikasi berbasis website digital invitation ini masih dalam kategori baru dalam masyarakat kota Makassar sehingga perlu dilakukan penelitian untuk menganalisa kepuasan pengguna mengenai website yang telah disajikan dengan metode Webqual 4.0 yang dapat digunakan untuk mengukur kepuasan pengguna yaitu kualitas kegunaan, kualitas informasi, kualitas interaksi layanan serta kepuasan pengguna. Berdasarkan hasil pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan total responden 30 dan pengujian data uji validitas dan uji reabilitas. Berdasarkan uji validitas dan uji reabilitas semua data tersebut telah dihitung dalam perbandingan yang sesuai dengan ketentuan dan rumus validitas. Sehingga jika ditarik Analisa deskriptif berdasarkan uji validitas dapat dinyatakan kuisioner/data dari penelitian dinyatakan VALID sehingga untuk selanjutnya perlu dilakukan lagi tahap uji reliabilitas, Setelah dilakukan uji reliabilitas maka dapat dinyatakan seluruh data kuisioner dinyatakan reliabel dengan hasil yang didapatkan, jumlah varian sebanyak 14,3 dan varian total : 72,59885057 dan cronchbach’s alpha : 0,84763737 yang mana berdasarkan ketentuan pada nilai acuan yaitu 0,80, Setelah melakukan uji validitas dan uji reliabilitas maka selanjutnya mengukur indikator dengan skala liker 5 poin didapatkan nilai rata-rata pada masing-masing indikator dengan total nilai UQ 3,71 atau setuju, IQ 3,65 cukup setuju, SQ 3,87 setuju, Y 3,74 sama dengan setuju.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ardi Muliyanto.m, B., Marlina, & Renny. (2022). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA PADA KUALITAS WEBSITE DIGITAL INVITATION17 MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0. JTRISTE, 9(2), 103-112. https://doi.org/10.55645/jtriste.v9i2.383