Analisis Usability Aplikasi Self Service in Food Menu and Order Menggunakan Metode Heuristic Evaluation

Isi Artikel Utama

Sindy Widiawati
Syaiful Rahman
Junaedy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis usability pada aplikasi Self Service in Food Menu and Order menggunakan metode heuristic evaluation sehingga dapat meningkatkan usability dan memberikan saran perbaikan terhadap permasalahan usability yang masuk dalam kategori penilaian rendah. Metode heuristic evaluation memiliki 10 prinsip yaitu visibility of system status, match between system and the real world, user control and freedom, consistency and standards, error prevention, recognition rather than recall, flexibility and efficiency of use, aesthetic and minimalist design, help users recognize, diagnose, and recover from errors, dan help and documentation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat usability dari 20 responden rumah makan didapatkan sebesar 74,8% dan 20 responden pelanggan didapatkan sebesar 78% sehingga keduanya masuk dalam tingkat usability tinggi. Dari hasil evaluasi heuristic evaluation didapatkan beberapa aspek yang memenuhi penilaian dan beberapa aspek juga masuk dalam kategori penilaian rendah sehingga membutuhkan perbaikan. Masalah teridentifikasi terbanyak ditemukan pada user control and freedom dan help and documentation. Sehingga dalam penelitian ini, rekomendasi perbaikan yang diberikan pada aplikasi Self Service in Food Menu and Order yaitu menambah tombol kembali pada setiap halaman terutama pada fitur status pesanan ke menu makanan, menambahkan fitur filter makanan dan minuman pada menu dan menambahkan fitur bantuan atau dokumentasi.

Rincian Artikel

Sitasi
Widiawati, S., Syaiful Rahman, & Junaedy. (2021). Analisis Usability Aplikasi Self Service in Food Menu and Order Menggunakan Metode Heuristic Evaluation. KHARISMA Tech, 16(2), 70-82. https://doi.org/10.55645/kharismatech.v16i2.126
Bagian
Articles

Artikel dari penulis yang sama yang paling banyak dibaca

<< < 1 2