RANCANG BANGUN SISTEM ANTRIAN DAN PENGOLAHAN DATA REKAM MEDIK PASIEN PADA PUSKESMAS PERTIWI MEMANFAATKAN FRAMEWORK CODEIGNITER
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan suatu algoritma yang dikembangkan pada Intelligent Decision Support System (IDSS) agar dapat menjadi data reliable yang dapat dipakai sebagai pertimbangan. Manfaat dari penelitian ini yaitu menjadi referensi tambahan mengenai penggunaan IDSS dalam pengembangan suatu aplikasi. Dalam penelitian ini, penulis membuat suatu video game sederhana berjudul Gold and Fame untuk menguji algoritma yang akan dipakai sebagai bahan pertimbangan dalam IDSS. Video game ini dibuat dengan game engine Unity 5 dalam bahasa pemograman C#. Dalam penelitian ini, penulis mengembangkan metode pathfinding A* yang kemudian akan menyediakan data untuk dipertimbangkan pada IDSS. Hasil dari pengujian algoritma oleh penulis, didapatkan bahwa, penggunaan algoritma yang dikembangkan lebih efisien dari standard sehingga dapat dipakai sebagai pengolah data pada IDSS.