SISTEM INFORMASI IDENTIFIKASI PENJEMPUTAN PADA SEKOLAH KHARISMA MAKASSAR

Isi Artikel Utama

Jihan Novianti Putri
Arfan Yunus
Ahyar Muawwal

Abstrak

Anak sering kali dijadikan sebagai objek kejahatan baik dalam
hal penculikan, kekerasan, maupun pelecehan. Modus penculikan yang
sering kali di lakukan oleh para pelaku yaitu dengan berpura-pura menjadi
wali, kerabat, atau keluarga anak tersebut sehinga dari pihak sekolah pun
masih kesulitan dalam mengidentifikasi penjemput. Sistem penjemputan
anak sekolah pada sekolah kharisma masih bersifat manual di mana prosesnya yaitu menggunakan kartu penjemput sebagai identitas untuk menjemput. Dengan menggunakan kartu tanda pengenal sebagai identitas masih dapat berpotensi kehilangan kartu atau lupa membawa kartu identitas serta penyalahgunaan identitas para penjemput. Oleh karena itu untuk meningkatkan keamanan pada siswa di sekolah yaitu menerapkan sistem identifikasi penjemputan dengan memanfaatkan teknologi-teknologi identifikasi yang sudah ada saat ini. Penelitian ini dimaksudkan untuk menerapkan sebuah sistem identifikasi penjemputan siswa pada sekolah KHARISMA Makassar dimana teknologi identifikasi yang di gunakan adalah fingerprint.


Fingerprint merupakan alat yang digunakan sebagai pengenal identitas seseorang melalui sidik jari orang tersebut sehingga dengan menerapkan alat identifikasi di taman kanak-kanak dapat mengurangi penyalahgunaan identitas dikarenakan setiap orang memiliki sidik jari yang berbeda-beda serta dapat meningkatkan keamanan pada siswa di sekolah.


Dengan menerapkan sebuah sistem identifikasi penjemputan siswa pada sekolah KHARISMA Makassar dapat meningkatkan keamanan serta memberikan kemudahan bagi pihak sekolah dalam melakukan identifikasi penjemput.

Rincian Artikel

Sitasi
Putri, J. N., Yunus, A., & Muawwal, A. (2019). SISTEM INFORMASI IDENTIFIKASI PENJEMPUTAN PADA SEKOLAH KHARISMA MAKASSAR. KHARISMA Tech, 14(1), 72-81. Diambil dari https://jurnal.kharisma.ac.id/kharismatech/article/view/20
Bagian
Articles

Artikel dari penulis yang sama yang paling banyak dibaca

<< < 1 2 3 > >>